Monday, May 11, 2020

Apa perbedaan ujian Juniper JNCIA JN0-103 dengan JN0-102 yg lama?

JNCIA-Junos yang merupakan sertifikasi Juniper yg paling favorit di antara level Associate yg lain, sejak 29 Maret 2020 menggunakan kode ujian baru yaitu JN0-103. sebelumnya kode JN0-102. . Dulu kalau tidak salah, dulu pertama kali saya ngambil exam JNCIA-Junos, examnya berkode JN0-101. kemudian lanjut sampai JNCIP dan 3 tahun kemudian hangus karena tidak ambil ujian Juniper lagi untuk recertify .... *tepokJidat 
Setelah sempat sertifikat Juniper hangus selama 1 atau 2 tahun, lalu ngambil lagi exam Juniper, merangkak dari bawah lagi JNCIA, JNCIS lalu dapat JNCIP lagi. Nah pas ngambil lagi, dapat ujian JNCIA-Junos berkode JN0-102 (sebelumnya 101).

Dari pengalaman saya, keduanya tidak terdapat perbedaan yg signifikan, maksudnya bahan materi yang dipelajari ya mirip, hanya beda variasi soal saja.

Lalu bagaimana perbandingan JN0-102 dan exam baru kode JN0-103? saya tidak tahu persis karena saya tidak mengambil exam kode baru ini, kebetulan sertifikat Juniper saya masih valid sampai 2022, jadi belum ada kebutuhan mendesak untuk ngambil ujian lagi :D
Tapi kalau dilihat dari bagian Exam Objectives di website juniper, materi JN0-103 sangat mirip sekali dengan JN0-102, malah ada 1 topik yg hilang, yaitu Network Fundamentals (misal OSI, TCP/IP, dll). Topik tsb sudah tidak tercantum di Exam Objectives di ujian JN0-103. 
Di salah satu forum internet, saya membaca salah satu postingan yg mengatakan bahwa dia belajar materi ujian JN0-102 lalu mengambil ujian JN0-103 ... dan lulus. TS mengatakan materinya sangat mirip hingga 90%-an.

Apakah topik Network Fundamentals benar-benar tidak muncul di ujian JN0-103?
Kalaupun iya, bukan berarti bagi yg mau ujian JN0-103 tidak perlu paham materi Network Fundamentals, tapi ya harus kudu wajib paham dan mengerti tentang Network Fundamentals. karena topik itu seperti fondasi rumah. kalo fondasi kurang kuat, tiang sebagus apapun ya mudah roboh :)

Mungkin bagi yg baru-baru ini mengambil ujian JN0-103 bisa berbagi tentang pengalamannya?
Semoga bisa bermanfaat bagi rekan-rekan lain yang berminat mengambil ujian JN0-103 dalam waktu dekat.

sumber:
  • https://www.juniper.net/us/en/training/certification/certification-tracks/sp-routing-switching-track/?tab=jnciajunos
  • https://www.juniper.net/us/en/training/certification/certification-tracks/ent-routing-switching-track/?tab=jnciajunos
 Exam Objectives JN0-103
-AHa-

No comments:

Post a Comment

Dasar-dasar Jaringan Komputer (Tulisan & Video)

Bagi yang ingin belajar jaringan komputer dari dasar, saya sarankan mengikuti link ini (ada versi tulisan dan video di dalamnya) #NetworkF...